12.5.10

Seri Tokoh Pemalang : H.MUAMMAR ZA, Qori' internasional


Kalau kita sedang mendengar lantunan merdu ayat-ayat Alquran,maka ingatan kita akan tertuju kepada H. Muammar ZA,qori' kebanggaan Indonesia yang diakui dunia internasional.
Bernama lengkap H.Muammar Zainal Asikin,lahir di Warungpring,Pemalang,Jawa tengah tahun 1955, adalah seorang hafiz (penghafal Al-Qur'an ) dan Qori' (pelantun Al-Qur'an) asal Indonesia yang dikenal luas secara internasional.
Ia pernah menjuarai MTQ tingkat nasional maupun tingkat internasional pada dasawarsa 1980- an. Rekaman tilawah Qur'an secara duet yang dilakukannya bersama dengan H. Chumaidi hingga sekarang amat populer dan dianggap sebagai terobosan dalam cara presentasi tilawah.
Ia adalah anak ketujuh dari sepuluh bersaudara (hanya sembilan yang mencapai dewasa) anak pasangan H. Zainal Asyikin dan Hj. Mu’minatul Afifah, yang juga tokoh agama di desanya. Adiknya, Imron Rosyadi Z.A., juga mengikuti jejaknya menjadi qari nasional setelah menjuarai MTQ. sementara adik bungsunya, Istianah, menjadi salah satu anggota DPRD DI Yogyakarta.
Muammar ZA menikah dengan seorang asal Aceh dan dikaruniai seorang putri dan empat putra.Sejak 2002 ia mendirikan Pesantren Ummul Qura di Cipondoh, Tangerang,salah satunya adalah untuk mewujudkan cita-citanya mencetak qori' dan qori'ah berkualitas internasional.
Dedikasinya yang tinggi sebagai Qori' membuatnya pernah menembus tebalnya hutan Kalimantan, lembah di Jawa Barat, hingga ke istana Sultan Brunei dan bahkan diizinkan masuk ke dalam bangunan Ka'bah,yang tentu tak semua orang mendapat kesempatan tersebut.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

assalamu'alikum yaa ustadt..
aku rindu sama ustadt,kpn ke serang,yaa ustadt..

Sholehudin mengatakan...

merdunya suara kh muammar za

Unknown mengatakan...

assalamualaikum wr.wb
nama kita moh.arifin dan toha muhaimin zain ingin belajar qori' kepada beliau (H.Muammar za) kami di situbondo.bagaimana caranya untuk belajar kepada beliau

Unknown mengatakan...

assalamualaikum wr.wb
nama kita moh.arifin dan toha muhaimin zain ingin belajar qori' kepada beliau (H.Muammar za) kami di situbondo.bagaimana caranya untuk belajar kepada beliau

Posting Komentar

Get this blog as a slideshow!