11.5.10

Wow,,Kita memiliki 22 juta akun Facebook dan 1 ,5 juta blogger yang aktif


Jadilah blogger profesional, jangan sekadar bersemboyan ‘’Ada blog aku ada’’. Sebab jaringan media sosial melalui internet terbukti sangat ampuh untuk berbagai keperluan, termasuk pemasaran dan aksi sosial lainnya, tak sekadar media unjuk diri.

Imbauan itu dikemukakan Nukman Luthfie, aktifis blog yang menekuni dunia maya sejak 2005. Saat ini dia sukses dengan perusahaan yang bergerak di bidang Virtual Consulting, konsultan informations technology terkemuka di Indonesia. Di arena UNS Blogfest 1.0 yang dihadiri sekitar 350 blogger, di Auditorium UNS, dia memaparkan orang Indonesia memelototi jejaring social sosial Facebook rata-rata 25 menit sehari. Membuka blog rata-rata 23 menit, wordpress rata rata 9 ,1 menit, Kaskus rata-rata 38 menit, twitter rata-rata 16 menit dan multiplay rata- rata 9 ,5 menit. "Memang masih kalah dengan rata-rata membaca koran sehari 34 menit. Namun jangan lupa, ada 22 juta akun Facebook, 5 ,5 juta akun twitter dan 1 ,5 juta blogger yang aktif. Ini artinya, komunikasi lewat media social di dunia maya sudah sangat besar," kata dia.

Sarjana Teknik Nuklir UGM yang banting stir menjadi blogger itu membuka cakrawala berpikir ke depan, memanfaatkan jaringan pemasaran lewat dunia maya. Hasilnya ternyata sangat mencengangkan. Data penelitian di jejaring social Wordpress mengatakan, jaringan blogger menjadi yang paling berpengaruh kedua, setelah orang tua. Informasi yang diberikan rekan sesama angota jejaring social itu, mempengaruhi seseorang bertindak.

Hal yang sama dikemukakan blogger Hanifa Ambadar yang sukses mengelola fashionesedaily.blog yang mengkhususkan pada soal fashion dan perbincangan dunia perempuan. "Saya memulai sejak 2007 , dan saat ini anggota blog saya sudah sekitar 11.000. Dari situ, saya bisa meraup penghasilan paling tidak Rp 1 miliar setahun, dari penjualan on line. Kini saya punya 6 karyawan dan kantor sendiri. Padahal saya memulai dari rumah dengan modal sebuah laptop dan on line 24 jam internet." Karena aktifitas luar biasa dunia maya itulah, UNS menargetkan menggalang blogger UNS, untuk menuju World Class University.

Saat ini, kata Pembantu Rektor Bidang Kerjasama, Prof DR Adi Sulistiyono, ada 2.700 anggota blogger UNS. "Di antaranya 900 blogger aktif. Itupun bisa melejitkan UNS sebagai universitas dengan ranking ke-6 se Indonesia, dari 4.000 perguruan tinggi yang ada. Hanya ada 7 PT yang masuk raning Asia, yakni UI, UGM, ITB, IPB, Unair, UNS, Undip dan Unibraw," lanjutnya. Untuk ranking dunia, UNS menduduki posisi di 1.585 tahun 2010 awal, dan rencananya tahun 2011 harus bisa menembus ranking 1. 000. Salah satunya dengan aktifitas di dunia blog yang dilakukan para dosen dan sivitas akademika, untuk mengisi blog dengan berbagai pemikiran, hasil riset, sehingga menjadi ajang diskusi di dunia. "Karena itulah kami akan terus mendorong agar makin banyak menggalang jejaring social di dunia maya, untuk mengejar target tersebut. Sebab dengan mengaktifkan blog maka terjadi komunikasi dua arah, tidak hanya searah saja," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Get this blog as a slideshow!