Ini adalah ringkasan dari kitab Mafahim Yajibu an - Tusahah karya Sayyid Muhammad Alwi al Maliki yang membahas tentang bid’ah. Di dalamnya dibahas tentang pemahaman dari makna bid ’ ah menurut Imam Syatibi, yaitu bid’ah secara istilah dan bid’ah secara bahasa.
Alhamdulillah . . dari kitab ini, makna bid’ah dari Imam Syatibi diterangkan secara amat baik, serta diterangkan pula di mana tempat bid’ah hasanah dan bid’ah dlalalah . Dari kitab ini pula , makna bid’ah Imam Syatibi berselaras dengan makna / klasifikasi bid’ah menurut Imam Syafi’i;
BID’AH SYAR’IYYAH DAN BID’AH LUGHAWIYYAH.
Melapangkan Jalan Dalam Pengamalan Islam Kaffah Kami sering mendapatkan kritik tajam saat mengklasifikasian bid’ah dalam dua bagian besar , yaitu bid’ah terpuji dan tercela. Para pengkritik melakukan penolakkan secara keras terhadap pengklasifikasian ini. Bahkan mereka menuduh yang mengklasifikasikan tersebut golongan fasik dan sesat . Pengklasifikasian bertentangan dengan sabda Nabi shalallah alahi wassalam yang jelas: Setiap bid’ah itu sesat . Teks hadits ini jelas menunjukkan keumuman dan menggambarkan bid’ah sebagai sesat . Karena itu Kita akan melihat ia berkata : setelah sabda penetap syari’ah dan pemilik risalah bahwa setiap bid’ah itu sesat , apakah sah ungkapan : akan datang seorang mujtahid atau faqih , apapun kedudukannya, lalu ia berkata , “ Tidak , tidak, tidak setiap bid’ah itu sesat, tetapi sebagian bid’ah itu sesat , sebagian baik dan sebagian lagi buruk.
Berangkat dari keterangan ini banyak masyarakat terpedaya . Mereka ikut berteriak dan ingkar serta memperbanyak jumlah orang -orang yang tidak memahami tujuan-tujuan syari’ah dan tidak merasakan spirit agama Islam. Tidak lama kemudian mereka terpaksa menciptakan jalan untuk memecahkan problem - problem yang mereka hadapi dan kondisi zaman yang mereka hadapi juga menekan mereka.Mereka terpaksa menciptakan perantara lain. Yang jika tanpa perantara ini mereka tidak akan bisa makan , minum dan diam. Malah tidak akan bisa mengenakan pakaian , bernafas, menikah serta berhubungan dengan dirinya , keluarga, saudara dan masyarakatnya . Perantara ini ialah ungkapan yang dilontarkan dengan jelas: Sesungguhn ya bid’ah terbagi menjadi dua ; 1 . bid ’ah diniyah (keagamaan) 2 . bid’ah duniawiyyah (keduniaan).
Subhanallah , mereka yang suka bermain-main ini membolehkan menciptakan klasifikasi tersebut atau minimal telah membuat nama tersebut . Jika kita setuju bahwa pengertian ini telah ada sejak era kenabian namun pembagian ini, diniyyah dan duniawiyyah, sama sekali tidak ada dalam era pembuatan undang -undang kenabian.
Lalu dari mana pembagian ini? dan dari mana nama-nama baru ini datang? Orang yang berkata bahwa pembagian bid’ah ke yang baik dan buruk itu tidak bersumber dari syari’at . Maka Abuya sayid Maliki memberi jawaban bahwa pembagian bid’ah ke bid’ah diniyyah yang tidak bisa diterima dan ke duniawiyyah yang diterima , adalah tindakan bid’ah dan mengada-ada yang sebenarnya.
Rasulullah sholollah alahi was salam sebagai Syari’ bersabda , “Setiap bid’ah itu sesat . Demikianlah beliau mengatakannya secara mutlak . Sedang ia mengatakan tidak, tidak , tidak semua bid ’ah itu sesat . Tetapi bid’ah terbagi menjadi dua bagian ; diniyyah yang sesat dan duniawiyah yang tidak mengandung konsekuensi apa-apa . Karena itu harus kami jelaskan di sini sebuah persoalan penting yang dengannya banyak keganjilan akan menjadi jelas, insya Allah.
Dalam persoalan ini yang berbicara adalah Syari’ yang bijak. Lisan syari’ adalah lisan syar’i. Maka untuk memahami ucapannya harus menggunakan syar’i yang dibawa Syari’. Jika Kita telah mengetahui bahwa bid’ah pada dasarnya adalah setiap hal yang baru dan diciptakan tanpa ada contoh sebelumnya maka jangan sampai lenyap dari hatimu bahwa penambahan dan pembuatan yang tercela di sini adalah penambahan dalam urusan agama agar tambahan itu menjadi urusan agama, dan menambahi syari’at agar tambahan itu mengambil bentuk syari’ah. Lalu akhirnya tambahan itu menjadi syari’at yang dipatuhi yang dinisbatkan kepada pemilik syari’ah. Bid’ah model inilah yang mendapat ancaman dari Nabi sholollah alahi was salam : ﻦﻣ ﺙﺪﺣﺃ ﻲﻓ ﺎﻧﺮﻣﺃ ﺍﺬﻫ ﺎﻣ ﺲﻴﻟ ﻪﻨﻣ ﻮﻬﻓ ﺩﺭ Barangsiapa menciptakan dalam agama kita , hal baru yang bukan bagian dari agama, maka ia ditolak . Garis pemisah dalam tema hadits ini adalah kalimat “ ﻲﻓ ﺎﻧﺮﻣﺃ ﺍﺬﻫ ”. Oleh karena itu pengklasifikasian bid’ ah menjadi bid’ah yang baik dan buruk dalam persepsi kami hanya berlaku untuk pengertian bid’ah yang ditinjau dari segi bahasa. Yakni,sekedar menciptakan hal baru. Kami semua tidak ragu bahwa bid’ah dalam kacamata syara’ tidak lain adalah sesat dan fitnah yang tercela, tidak diterima , dan dibenci. Jika mereka yang menolak memahami penjelasan bisa memahami penjelasan ini maka akan tampak bagi mereka bahwa titik temu dari perbedaan itu dekat dan sumber persengketaan itu jauh. Untuk lebih mendekatkan beberapa pemahaman, saya melihat mereka yang mengingkari pembagian bid’ah menjadi bid’ah hasanah dan sayyi’ah , sebenarnya mengingkari pembagian bid’ah dalam tinjauan syara’ , dengan bukti mereka membagi bid’ah dalam bid’ah diniyyah dan duniawiyyah, dan penilaian mereka bahwa pembagian ini adalah sebuah keniscayaan.
Mereka yang membagi bid’ah menjadi bid’ah hasanah dan sayyi’ah memandang bahwa pembagian ini dikaitkan dengan tinjauan bid’ah dari aspek bahasa . Sebab mereka mengatakan bahwa penambahan dalam agama dan syari’ at adalah kesesatan dan perbuatan amat tercela. Keyakinan semacam ini tidak diragukan lagi di mata mereka .
Dari dua cara pandang yang berbeda ini berarti perbedaan antara dua kelompok tidaklah substansial. Hanya saja saya melihat bahwa kawan-kawa n yang mengingkari pembagian bid’ah menjadi hasanah dan sayyiah dan yang berpendapat terbaginya bid’ah menjadi bid’ah diniyyah dan duniawiyyah tidak mampu menggunakan ekspresi bahasa dengan cermat . Hal ini disebabkan ketika mereka memvonis bahwa bid’ah diniyyah itu sesat,– ini adalah pendapat yang benar – dan bid’ah duniawiyyah tidak ada konsekuensi apapun , mereka telah keliru dalam menetapkan hukum . Sebab dengan sikap ini mereka memvonis semua bid ’ah duniawiyyah itu boleh.
Sikap ini jelas sangat berbahaya dan bisa menimbulkan fitnah dan bencana. Karena itu, persoalan ini wajib dan mendesak untuk dijelaskan secara mendetail . Yakni mereka mengatakan bahwa bid’ah duniawiyyah ada yang baik dan ada yang buruk sebagaimana fakta yang terjadi, yang tidak diingkari kecuali oleh orang buta yang bodoh. Penambahan kalimat ini harus dilakukan . Untuk mendapatkan pengertian yang tepat , cukuplah kita menggunakan pendapat orang yang berpendapat bahwa bid’ah terbagi menjadi bid’ah hasanah dan bid’ah sayyiah. Yang dimaksud bid’ah di sini sudah jelas adalah bid’ah dari aspek bahasa sebagaimana telah dipaparkan di atas.
Bid’ah dalam pengertian inilah yang dikatakan dengan bid’ah duniawiyyah oleh mereka yang ingkar terhadap pembagiannya menjadi hasanah dan sayyiah.Pendapat bid’ah terbagi menjadi hasanah dan sayyiah adalah pendapat yang sangat cermat dan hati-hati . Karena pendapat ini memandang kepada setiap hal baru untuk mematuhi hukum syari’at dan kaidah-kaidah agama, dan mengharuskan kaum muslimin untuk menyelaraskan semua urusan dunia, baik yang bersifat umum atau khusus, sesuai dengan syariat Islam, agar mengetahui hukum Islam yang terdapat di dalamnya , betapapun besarnya bid’ ah itu. Sikap semacam ini tidak mungkin direalisasikan kecuali dengan mengklasifikasikan bid’ah dengan tepat dan telah mendapat pertimbangan dari para aimmatul ushul.
Semoga Allah meridloi para aimmatul ushul dan meridloi kajian mereka terhadap lafadh-lafadh yang shahih dan mencukupi yang mengantar menuju pengertian-pengertian yang benar , tanpa pengurangan,perubahan atau interpretasi.
Oleh : Abi Hasbi
8.2.11
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar