6.5.10

Penyusun sejarah PEMALANG KOMPLANG,yang mengulas Legenda Pemalang

Terkait tentang pertanyaan siapa yang melakukan penyusunan uraian,urutan kisah dan para tokoh pelaku terkait buku sejarah yang memuat kejadian demi kejadian dalam legenda Pemalang yang masyhur dengan sebutan PEMALANG KOMPLANG,yang berarti "kekosongan Pemalang" sebelum kedatangan putra Pajang yaitu Pangeran Benowo yang akhirnya memerintah di Pemalang sebagai Adipati.
Jawaban pertanyaan diatas adalah bahwa kisah Pemalang Komplang didapat dari Nyi Ageng Telasih (bu Taswen) yang merupakan putri Ki Jagaraksa dari keturunan Patih Djiwonegoro,adapun silsilahnya sebagai berikut :
- Ki Gede Murti (cincing Murti patih Pemalang pada saat Pemalang di perintah Ki Gede Sambungyudha *1358-1401) menurunkan :
- Ki Patih Sampun Djiwonegoro yang wafat tahun 1616 (dimakamkan di Depok slatri desa Wanarejan kecamatan Taman kabupaten Pemalang) menurunkan :
- Ki Djoyowinogo (tahun wafat tidak diketahui,dimakamkan di desa Kedungbanjar kecamatan Petarukan kabupaten Pemalang) menurunkan :
- Ki Ragawicana (tahun wafat tak diketahui,dimakamkan di desa Kedungbanjar) menurunkan :
- Ki Djakaraksa pangkatdjayabaya (tahun wafat tak diketahui,dimakamkan di kecamatan Pamanukan kabupaten Indramayu Jawa barat) menurunkan:
- Nyi Ageng Telasih/bu Taswen yang diperistri oleh keturunan Buminata yang bernama Ki Singotirto,(tahun wafat ..... ,keduanya dimakamkan di desa Pedurungan kecamatan Taman kabupaten Pemalang) menurunkan :
- Ki Sunari Djoko Tjarito,beliau aktif dalam kesenian wayang kulit sebagai Dalang.dan menjabat sebagai Penilik generasi muda pada Kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan di kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang.
Dari Ki Sunari inilah kemudian sejarah Pemalang Komplang dibukukan.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Pemlang memang banyak orang sakti dari dulu ...
Mhn juga Patriot asal Pemalang juga diulas spt Kiyai Makmur.
Paranormal Mbah Nur , walangsanga , Moga juga perlu di ulas karena kebaikannya.
Itu yang positif.....

Yang negatif juga perlu diulas.....
Teroris Umar Patek kok sedikit web web Pemalang , yang banyak Dulmatin
Perlu digalang dan disebarkan rasa kebersamaan, rasa toleransi dan cara tanggulangi Teroris agar Pemalang tak tercoreng lagi dengan berita Teroris , kita sebagai warga Pemalang malu

Abdurrahman Haidar mengatakan...

Tokoh pemalang lainnya memang sedang saya gali sejarahnya,, mengenai Umar patek setahu saya bukan orang pemalang, ia hanya beristrikan (salah satunya) orang Pemalang

Said muntarno mengatakan...

yah, mbah nur, menarik untuk dikupas, soalnya buyut saya berkata " beliau adalah....", saya sendiri said.m bin mugino bin m. said bin kh dolah bin..?

wong panginyongan mengatakan...

Pak, mohon dishare silsilah mbah Nurkalam keatas dan ke bawah, yang namanya diabadikan menjadi nama masjid agung pemalang, dan makamnya di komplek pemakaman mesjid agung. maturnuwun

Posting Komentar

Get this blog as a slideshow!