29.8.10

Mengenal Hadramaut, Negeri Sejuta Wali


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Datang kepada kalian penduduk Yaman, mereka lebih ramah perasaannya dan lebih lembut hatinya, iman ada pada penduduk Yaman, hikmah dan kemuliaan ada pada penduduk Yaman” (Shahih Bukhari No Hadits 4037).

Yaman sebuah Negara di Jazirah Arab, terletak di Asia Barat Daya, tepatnya di bagian Timur Tengah. Negeri Yaman tak asing lagi di telinga kaum muslimin Indonesia. Terutama kota Hadramaut dan Tarimnya. Selain terkenal kentalnya dengan budaya keislamannya, negeri tersebut memiliki banyak madrasah yang menjadi tempat tujuan bagi para pelajar dari luar negeri. Saat ini negeri muslimin terbesar di dunia adalah Indonesia, dan yang membawa Islam ke Indonesia adalah kebanyakan dari negeri Yaman yang terkenal dengan Negeri Serbu Walinya.

Akhir-akhir ini, silaturahim antara Indonesia dan Yaman terutama Hadramaut terajut kian hangat dan mesra. Tingginya intensitas kedatangan ulama-ulama Hadarim – seperti Habib Umar bin Hafiz, Habib Salim as-Syathiri, Habib Zain bin Sumaith serta yang lainnya – seolah kian mendekatkan kedua negeri itu. Bahkan Habib Umar bin Hafiz dijadwalkan datang ke Indonesia setiap tahun. Beberapa ulama tanah air juga kerap mengikuti ziarah nabi Hud as dan ziarah tarim di bulan Sya’ban. Gejala ini sungguh positif, Hadramaut dan Indonesia adalah dua saudara sekandung yang tak bisa terpisahkan. Beberapa tahun belakangan ini, negeri Hadramaut menjadi buah bibir di tengah masyarakat muslim.http://ummati.wordpress.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Get this blog as a slideshow!