29.1.11

KP 2 KKN: 24 Kepala Daerah di Jawa Tengah Terlibat Kasus Korupsi


Berdasarkan hasil monitoring Komite Penyelidikan dan Pemberantasan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme ( KP 2 KKN) Jawa Tengah selama 10 tahun, tercatat sebanyak 24 Kepala Daerah maupun mantan Kepala Daerah dari 35 Kabupaten/ Kota yang ada di Jawa Tengah tersangkut kasus korupsi .
Dari jumlah itu, sebagian sudah dijatuhi vonis, dan lainnnya ditetapkan menjadi tersangka . Demikian dikatakan Sekretaris KP 2 KKN Jawa Tengah , Eko Haryanto, Selasa 25 Januari 2010 , melalui telepon . " Kepala daerah yang tersangkut kasus korupsi tersebut , terdiri dari 21 bupati dan dua wakil bupati. Sebanyak 12 kepala daerah, sudah dijatuhi vonis hukuman dan 11 kepala daerah lainnya masih berstatus tersangka , " ujar Eko.
Dijelaskan, kepala daerah maupun mantan kepala daerah yang sudah dijatuhi hukuman, 11 orang di antaranya adalah mantan bupati dan satu orang adalah mantan wakil bupati. "Setelah vonis, status mereka biasanya langsung di non aktifkan hingga habis masa jabatan untuk kemudian digantikan oleh wakil bupatinya , " ungkap Eko . Selain itu, kata Eko , kepala daerah yang masih aktif menjabat sebagai kepala daerah ada empat orang. Mereka terdiri dari Kepala Daerah Kabupaten Batang , Kabupaten Pati , Kabupaten Rembang dan Bupati Tegal . Sedangkan yang lainnya, berstatus mantan bupati dan seorang wakil bupati .
Eko menyebutkan, para mantan kepala daerah yang sudah divonis hukuman tersebut , hanya dijatuhi hukuman penjara antara 1 , 5 tahun hingga 4 tahun penjara . Yang mendapat vonis 4 tahun penjara ini, hanya mantan Bupati Cilacap , Proboyulastoro. "Kami menilai hukuman yang ditimpakan pada para mantan kepala daerah itu relatif kecil , tidak sesuai dengan jumlah uang negara yang mereka korupsi. Padahal kerugian negara yang ditimbulkan dari kasus korupsi para kepala daerah tersebut mencapai Rp 187 miliar, " paparnya. Dari 11 bupati dan mantan bupati di Jateng yang kini masih berstatus tersangka itu, proses hukumnya masih ditangani Kejaksaan Tinggi dan Polda Jateng .
Pihak KP 2 KKN juga melaporkan dua Kepala Daerah lagi yang sudah dilaporkan kepada KPK , tetapi belum ditetapkan sebagai tersangka , yaitu Bupati Karanganyar yang diduga terlibat dalam kasus GLA dan Bupati Klaten yang diduga terlibat dalam kasus dana Gempa Klaten. "Bahkan kami juga melaporkan mantan kepala daerah kepada Kejati Jawa Tengah , tetapi belum ditetapkan sebagai tersangka , yakni Bupati Pemalang , M . Machroes yang diduga terlibat dalam kasus Buku Ajar BP senilai Rp 11 miliar. Sedangkan kasus korupsi lainnya yang kami masih dimonitoring, yaitu pembangunan Pasar Kliwon Temanggung senilai Rp. 2 , 5 miliar yang diduga melibatkan Wakil Bupati Temanggung, " tandasnya.
Ditambahkannya , belum lama ini KP 2 KKN bersama ICW juga telah melaporkan sembilan bupati dan mantan bupati berstatus tersangka ke KPK , agar mengambil alih penanganannya dari Kejati Jawa Tengah.(sumber:panturanews.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Get this blog as a slideshow!