16.2.11

Hikmah Maulid Nabi : 12 Malam Terakhir Menjelang Kelahiran Sayyidina Muhammad SAW


Al imam syihabuddin Ahmad bin hajar al -haitami Asy-syafi'i dalam kitabnya An-ni 'matul kubraa 'alal 'aalam hal 61 telah menyebutkan: bahwa sesungguhn ya pada bulan ke-9 kehamilan sayyidah Aminah ( bulan rabi'ul awwal) , saat hari- hari kelahiran Baginda Nabi Muhammad sudah semakin dekat, Allah swt semakin melimpahkan berbagai macam anugerahNya kepada sayyidah Aminah , mulai malam tanggal 1 hingga malam tanggal 12 bulan rabi'ul awwal malam kelahiran baginda Rasulullah Muhammad SAW :

* Pada malam tanggal 1 Allah SWT melimpahkan segala kedamaian dan ketentraman yang luar biasa kepada sayyidah Aminah, sehingga beliau merasakan ketenangan dan kesejukan jiwa yang belum pernah dirasakan sebelumnya
* pada malam tanggal 2 datang seruan berita gembira kepadanya bahwa sebentar lagi dirinya akan mendapati anugerah agung yang luar biasa dari Allah swt
* pada malam tanggal 3 datang seruan memanggil kepadanya .. . " wahai Aminah , sudah dekat saatnya engkau akan melahirkan nabi agung rasulullah Muhammad SAW yang senantiasa memuji dan bersyukur kepada Allah SWT.
* Pada malam tanggal 4 sayyidah Aminah mendengar beraneka ragam tasbih para malaikat secara nyata dan sangat jelas sekali
* pada malam tanggal 5 sayyidah aminah mimpi bertemu dengan Nabiyullah ibrahim a.s Khalilullah
* pada malam tanggal 6 sayyidah aminah melihat cahaya Rasulullah SAW memenuhi segala penjuru alam semesta
* pada malam tanggal 7 sayyidah Aminah melihat para malaikat silih berganti saling berdatangan mengunjung i kediamannya membawa kabar gembira , sehingga kebahagian dan kedamaiann ya semakin memuncak.
* pada malam tanggal 8 sayyidah Aminah mendengar seruan memanggil dimana-mana, suara tersebut sangat jelas mengumandangkan . . . " berbahagialah wahai seluruh penghuni alam semesta , telah dekat saat kelahiran Nabi Agung kekasih Allah SWT pencipta alam semesta. . "
* pada malam tanggal 9 Allah SWT semakin mengucurkan limpahan belas kasih sayangnya kepada sayyidah Aminah , sehingga tidak ada sedikitpun rasa sedih , susah , atau sakit dalam diri dan jiwa sayyidah Aminah
* pada malam tanggal 10 sayyidah aminah melihat tanah khoif dan mina ikut bergembira ria menyambut kelahiran baginda nabi Muhammad SAW.
* Pada malam tanggal 11 sayyidah Aminah melihat seluruh penghuni langit dan bumi ikut bersuka cita menyongsong kelahiran nabi besar Muhammad SAW Maka ,
* Dan pada malam 12 bulan rabi'ul awwal, langit dalam keadaan cerah tanpa ada mendung sedikitpun , saat itu Sayyid Abdul muthalib sedang bermunajat kepada Allah SWT di sekita Ka'bah , dan Sayyidah Aminah sendirian dirumah , tanpa ada seorang pun yang menemaninya , tiba - tiba sayyidah Aminah melihat tiang rumahnya terbelah , dan perlahan- lahan muncul 4 wanita yang sangat anggun nan cantik jelita dan diliputi cahaya yang memancar berkemilauan serta semerbak harum wewangian memenuhi seluruh ruangan . Tiba -tiba wanita pertama datang dan berkata kepada sayyidah Aminah : . . . . "Sungguh, berbahagia lah engkau wahai Aminah . Tidak ada didunia ini wanita yang mendapati kemuliaan dan keberuntungan seperti engkau . Sebentar lagi engkau akan melahirkan Nabi Agung Junjungan alam semesta Baginda Nabi Muhammad SAW , Kenalilah olehmu sesungguhnya aku ini adalah Hawwa' ibunda seluruh umat manusia. Aku diperintahkan Allah SWT untuk menemanimu" .. . Kemudian ibu Hawwa' duduk disamping kanan sayyidah Aminah .
Dan mendekat lagi wanita yang ke-2 kepada sayyidah Aminah untuk menyampaikan kabar gembira kepadanya: . . . "Sungguh , berbahagia lah engkau wahai Aminah . Tidak ada didunia ini wanita yang mendapati kemuliaan dan keberuntungan seperti engkau . Sebentar lagi engkau akan melahirkan Baginda Nabi Muhammad SAW, seorang Nabi agung yang di anugerahi Allah SWT Kesucian yang sempurna pada diri dan kepribadiannya. Nabi Agung yang ilmunya sebagai sumber seluruh ilmunya para nabi dan para kekasihnya Allah SWT. Nabi agung yang cahayanya meliputi selurug alam. Dan ketahuilah olehmu wahai Aminah , sesungguhnya aku ini adalah Sarah, istri Nabiyullah ibrahim As, aku diperintahkan Allah SWT untuk menemanimu". Kemudian sayyidah sarah duduk di sebelah kiri sayyidah Aminah .
Maka wanita ke-3 pun kemudian mendekat dan menyampaikan berita gembira kepadanya: . . . "Sungguh , berbahagialah engkau wahai Aminah . Tidak ada didunia ini wanita yang mendapati kemulian dan keberuntungan seperti engkau . Sebentar lagi engkau akan melahirkan Nabi Agung baginda Nabi Muhammad SAW kekasih Allah SWT yang paling agung, dan insan sempurna yang paling utama mendapati pujian dari Allah SWT dan dari seluruh makhluknya-Nya . Perlu engkau ketahui sesungguhnya aku adalah Asiyah binti Muzahim yang diperintah Allah SWT untuk menemanimu". Kemudian Sayyidah Asiyah binti Muzahim duduk di belakang sayyidah Aminah .
Sejenak sayyidah Aminah sempat kagum , karena wanita yang ke-4 adalah lebih anggun berwibawa dan memiliki kecantikan yang amat luar biasa . Kemudian wanita ke-4 tersebut mendekat kepada Sayyidah Aminah untuk menyampaikan kabar gembira : . . . . "sungguh berbahagialah engkau wahai Aminah , tidak ada didunia ini wanita yang mendapati kemuliaan dan keberuntungan seperti engkau , sebentar lagi engkau akan melahirkan nabi agung baginda nabi muhammad SAW yang dianugerahi oleh allah SWT berbagai macam mukjizat yang sangat agung dan sangat luar biasa, beliaulah junjungan seluruh penghuni langit dan bumi , hanya untuk beliau semata segala bentuk sholawat (rahmat ta'dhim) Allah SWT dan salam sejahteraNya yang sempurna. ketauhilah engkau wahai Aminah , sesungguhnya aku adalah Maryam ibunda nabiyullah Isa AS. Kami semua ditugaskan oleh Allah SWT untuk menemanimu demi menyambut kehediran baginda rasulullah Muhammad SAW''. . . . Kemudian sayyidah Maryam ibunda nabiyullah Isa AS duduk mendekatkan diri di depan sayyidah aminah . maka ke-empat wanita suci mulia nan agung di sisi Allah SWT tersebut kemudian merapat dan mengelilingi diri ibunda rasulullah Muhammad SAW sayyidah Aminah binti wahab , sehingga ibunda rasulullah SAW semakin memuncak rasa kedamaian dan kebahagiaan dalam jiwanya . kebahagiaan dan kedamaian yang dialami oleh ibunda rasulullah SAW itu tidak terlukiskan dengan kata kata . dan peristiwa demi peristiwa yang sangat agung, semakin Allah SWT limpahkan demi penghormatan besar kepada baginda rasulullah SAW.


IMAM syafi'i ra berkata : '' Barang siapa yang mengundang saudara saudaranya untuk mengadakan maulid nabi SAW, Menyuguhkan makanan dan menyediakan tempat dengan ikhlas. dan disitu dilaksanak nan amalan amalan / bacaan bacaan untuk mengagungkan nabi Muhammad SAW. maka orang tersebut (yg menjadi sebab untuk diadakannya maulid nabi Muhammad SAW) kelak pada hari kiamat akan dikumpulkan oleh Allah SWT beserta para shiddiqin, syuhada , dan sholihin dan akan dimasukkan ke sorga Allah SWT yang dipenuhi dengan segala kenikmatan yang abadi" ( di dalam kitab An_ni ' matul Kubra 'alal 'aalam hal 9 oleh imam ibnu hajar al- haitmiy)

4 komentar:

Ckin Kembaq mengatakan...

Alhamdulillah..jumpa jugak dengan siapa 4 wanita suci yang menyambut kelahiran nabi..syukran ... ^_^

Abdurrahman Haidar mengatakan...

Terimakasih Telah berkenan menyambangi blog kami.Smoga Allah merahmati kamu

Unknown mengatakan...

ini cerita sumbernya darimana yaaa????? baru tau ada kisah seperti ini

Abdurrahman Haidar mengatakan...

Nusantara Lama : Itu ada nama kitab dan Mushonifnya di atas,sebagai sumber

Posting Komentar

Get this blog as a slideshow!