4.2.11

Ketika Coklat Menjadi Alternatif Kue Imlek

Merayakan Tahun Baru Imlek tak harus selalu dengan kue keranjang , kue moho, kue kura , atau panganan lain . Kini, cokelat bisa menjadi alternatif makanan untuk memeriahkan pergantian tahun bersama keluarga dan sanak saudara.
"Cokelat dengan aneka rasa dan rupa, serta kemasan yang bernuansa tradisi, bisa menjadi pilihan lain untuk dihadiahkan kepada kerabat dan kenalan yang merayakan Imlek, " kata Leni Arjani, pemilik Conetta Chocolate di Jl Pekunden Dalam 47,Semarang ini.
Cokelat buatan Leni ini berbahan baku dark chocolate, milk chocolate , dan white chocolate yang berasal dari luar negeri maupun dalam negeri. Rupa dan rasa cokelat tentu saja dibuat berbau segala yang identik dengan perayaan Imlek. Seperti satu set cokelat hasil kreasi Leni yang berbentuk ikan koi , lampion, keping uang , dan kipas bertuliskan Gong Xi Fa Cai. Ada pula kepingan uang dihias angka 2562 , yang melambangkan angka tahun.
Bagi masyarakat Tionghoa, ikan koi dan kepingan uang melambangkan kemakmuran. Cokelat ini bisa dinikmati dalam berbagai warna yakni merah dan kuning , dibungkus dengan wadah kotak berdesain mewah warna merah. " Satu set cokelat Imlek berisi tiga belas macam cokelat ini harganya Rp 100 . 000 . Yang jenis ini banyak dicari karena bentuknya yang unik dan desain wadahnya yang mewah , " ujar Leni pada hari Kamis (3/2).
Karena tahun ini adalah tahun kelinci, maka Leni pun tak lupa membuat cokelat berbentuk kelinci yang sedang melompat di atas hamparan rumput. Warnanya pun dibuat variasi seperti merah muda dan kuning , serta diberi tangkai sehingga jadi mirip permen loli.
" Yang ini harganya Rp 3.500. Biasanya anak- anak sekolah suka beli cokelat jenis ini, " katanya.
Kreasi lain yang dibuat Leni adalah cokelat batangan dibalut kertas merah bergambar Cici dan Koko atau lampion dengan tulisan Gong Xi Fa Cai . Cokelat jenis ini dijual dengan harga antara Rp 10. 000 hingga Rp 15 . 000 . "Cokelat batangan ini banyak digemari karena harganya murah meriah. Biasanya untuk dibagikan pada saudara atau keponakan, " tuturnya.
Leni menambahkan , pembuatan cokelat Imlek tergolong mudah. Hanya perlu waktu setengah jam saja, cokelat sudah jadi . Cokelat Imlek bisa tahan sampai berminggu-minggu dalam suhu ruangan , asal tidak terkena panas secara langsung . Tapi bila ditaruh dalam kulkas, bisa tahan sampai satu tahun.
(Fani Ayudea/CN26-www.suaramerdeka.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Get this blog as a slideshow!