27.12.11

Islam Tidak di Perjuangkan Dengan Kekerasan


Sesuai Pernyataan Allah SWT Dalam Al Qur'an Surat Al Haj Ayat 39 - 40 :
" Telah di Beri Izin Kepada Orang Orang yang di Perangi, Karena Sesungguhnya Mereka Telah di Aniaya, dan Sesungguhnya Allah Sangat Berkuasa Menolong Mereka "
* Mereka Adalah Orang Orang yang di Usir / di Keluarkan dari Rumah Mereka Tanpa Hak (Tidak ada Kesalahan ) Hanya karena Mereka Mengucapkan Tuhan Kami ALLAH.
* Perangilah di Jalan Allah ( Menempuh Hak Kebenaran ) Orang Orang yang Selalu Memerangi Kamu. dan Jangan Kamu Melampaui Batas dalam Berperang ( Taatilah Etika Perang ) Sesungguhnya Allah SWT Tidak Menyukai Orang Orang yang Melampaui Batas.
* Dengan Menyimak Ayat di Atas, maka kaum muslim di beri Izin dengan ketentuan:
Kalimat Izin Menunjukan Sudah Darurat / Terpaksa / di Paksa. dan di Beri Izin.
Izin ini di Berikan Hanya Kepada Orang Orang yang di Perangi dengan Kondisi di Aniaya, di Usir Tanpa Sebab Hanya Menyatakan Tuhan Kami Allah SWT. - dan Perangilah di Jalan Allah SWT : Kalimat ini Sebagai Wujud reaksi /membalas kedholiman Mereka dan Tetap Pada Posisi Ketentuan Allah SWT ( tidak Boleh Menuruti Hawa Nafsu ).
Maka Jelas Perang dalam Islam Bukan Wujud Kekerasan Melainkan Hanyalah Mempertahankan Hak Seorang Beriman untuk mmpertahankan kimanannya karena dianiaya terlebih dahulu.

Sungguh sangat keliru orang yang mengatakan Islam harus di Perjuangkan dengan Kekerasan. Kedua Ayat tersebut diatas tidak Boleh di Penggal, Harus selalu digandeng agar tahu permasalahannya dan aturan mainnya, Tidak seenaknya saja melumuri keluhuran agama Islam dengan darah atas nama umat Islam itu sendiri. Ingatlah Pesan Rosulullah SAW :
" Sayangilah orang orang yang di bumi, Maka akan menyayangimu Malaikat malaikat yang di langit "
Dalam Kalimat Arabnya memakai " MAN " yang artinya apa saja dan siapa saja yang ada di bumi Allah harus kita sayangi. Maka apa saja dan siapa saja yang di langit akan menyayangimu. dan itulah maksud Islam sebagai RAHMATAN LIL 'ALAAMIN.

Adapun Sabda Rosulullah SAW
" Barang Siapa diantara kamu melihat kemungkaran / kemaksiatan, Maka alihkanlah dia dengan tangan, "
Kita wajib Menelaah / menelusuri secara bahasa dalam istilah ilmu Balaghah dan Manthik ( Sastra Islam ) Yaitu :
- Ghayyara - Yughayyiru artinya Mengalihkan,yang maksudnya : Mengalihkan bukan berarti mencegah atau melarang dengan kekerasan, Akan tetapi dengan mengarahkan, memberi solusi dan mendidik.
- Yadun,artinya : Tangan, yang maksudnya : Dengan tangan bukan berarti memukul atau menyeret atau menyakiti, Tetapi yang dimaksud "Tangan" disini adalah dengan Langkah /upaya /cara/ penanganan yang Terbaik.
Dalam Al Qur'an banyak kata " Yad " tetapi bukan berarti "Tangan", Akan tetapi tidak selalu berarti "Tangan".

Langkah Dakwah menyebarkan Islam sudah diatur oleh Al Qur'an! bukan kita yang membuat sendiri aturan mainnya.
Seperti firmanNya dalam surat An Nahl ayat 125 :
"Dakwahlah kalian di Jalan Allah dengan Bijaksana"
Wallahu A'lam bisshowab

(disadur dari Artikel Ustadz Zainuddin Danasari-Pemalang dalam : www.almunazzah.blogspot.com/2011/03/apakah-islam-di-perjuangkan-dengan.html#more)

0 komentar:

Posting Komentar

Get this blog as a slideshow!