15.1.11

Bahkan,Tokoh Agama Budha Taiwan pun Ziarahi Makam Gus Dur


Tokoh perdamaian dunia dari agama Budha, Prof Dr (HC) Venerable Master Chin Kung, berziarah ke makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang ada di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Jum'at (14/1/2011). Kawan dekat Gus Dur ini datang dengan menggunakan tiga bus atau sekitar 50 orang.

Begitu datang, para tokoh agama Budha ini langsung disambut oleh pengasuh Ponpes Tebuireng KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) beserta istri. Selanjutnya, mereka menuju makam mantan presdien ke-empat tersebut. Nah, di depan pusara tokoh pluralis itu mereka memanjatkan doa. Ziarah tersebut berlangsung khidmat dan sakral.

Para tokoh agama yang sebagian besar berkepala plontos ini ditemui di ruang KH Yusuf Hasyim. "Meskipun Gus Dur sudah tidak ada, namun saya sangat gembira bisa berziarah ke makam beliau. Selama Gus Dur hidup, saya sudah 10 kali bertemu dalam forum international," kata Master Chin Kung ketika diminta memberikan sambutan didepan hadirin.

Ia menjelaskan, baginya Gus Dur bukan akan seorang sahabat. Namun mantan presiden ke-empat itu juga sosok guru bagi Chin Kung. Maklum saja, antara ia dengan Gus Dur merupakan tokoh yang mendirikan forum perdamaian dunia. Master Chin Kung juga masih ingat bahwa pernah berkunjung ke Vatikan, Cairo, serta Cina bersama Gus Dur.

"Semuanya dalam rangka perdamaian dunia. Ke Vatikan yang merupakan pusat agama Katolik, kemudian Kairo yang notabene pusat peradaban Islam, serta Cina yang merupakan pusat agama Khonghucu," kata tokoh agama Budha yang murah senyum ini.

Master Chin Kung yang mengenakan pakaian khas seorang biksu menegaskan, bahwa setiap agama mengajarkan tentang nilai-nilai harmoni dan perdamaian untuk kesejahteraan manusia. Tidak ada agama yang mengajarkan kekerasan dan konflik.

Untuk mewujudkan tersebut, katanya, perlu ada landasan kerja sama yang kokoh antarpemeluk agama. Dengan begitu, akan tercapai perdamaian dan peningkatan kesejahteraan manusia di dunia. "Itulah yang selama ini kami perjuangkan bersama Gus Dur di forum perdamaian dunia," tegasnya.

Hal senada juga dilontarkan Gus Solah. Ia cukup gembira bisa bertemu dengan Master Chin Kung. Maklum saja, selama ini ia hanya mengenal tokoh Budha tersebut lewat sejumlah literatur serta cerita dari kakaknya, Gus Dur. Oleh karena itu, ke depan ia berharap kerja sama yang sudah berjalan itu tetap terawat.

"Bahkan saya punya angan-angan untuk mendatangkan tokoh agama Budha ke Tebuireng untuk memberikan ceramah. Dengan begitu antar agama bisa saling mengenal dan saling bekerja sama," kata Gus Solah yang disambut tepuk tangan. (ful)

0 komentar:

Posting Komentar

Get this blog as a slideshow!